Home > catatan, Misc > Kemarau

Kemarau

Kemarau seperti sekarang ini membuat ahli sumur bor dibutuhkan banyak orang. Hujan yang tak kunjung turun mengakibatkan kekeringan di banyak tempat.

Saya kebetulan sedang membutuhkan tukang ahli yang bisa dipercaya untuk mengecek dan memperbaiki instalasi pompa sumur bor di rumah. Sudah dua minggu ini pompa bermasalah, beerapa kali butuh dipancing air agar bisa mengalirkan air.

Akhir juni lalu, masalah ini berawal. Pompa tidak mengalirkan air. Sudah dipancing hingga 3 ember air tidak membuahkan hasil. Menurut tukang sumur bor yang mengebor sumur ini, klep di dasar sumur perlu diganti. Karena air merupakan kebutuhan vital, sayapun menyanggupi biaya yang dia minta untuk penggantian klep ini.

Setelah klep diganti, masalah masih ada. Si tukang berkilah macam-macam. Sumurnya kering lah, mesti ganti pompa, pasang toren, hingga saran untuk pasang saklar otomatis lagi. Padahal dia juga yang dulu menyarankan untuk di by-pass dan pakai saklar pencet, karena saklar otomatis katanya rusak.

Pagi tadi saya sms dia, minta penyelesaian agar masalah ini tuntas. Jawabannya malah menyuruh menambah kedalaman.

Okelah, kalau memang sumurnya yang kering, setidaknya klep baru mestinya bisa menahan air tetap ada di pipa. Ini tidak, air pancingan seperti hilang ditelan pipa.

Puncaknya siang ini, entah disengaja atau tidak, si tukang tidak bisa dihubungi. Entah hpnya habis batere atau memang sengaja dimatikan.

Untungnya saya bisa minta sedikit air ke tetangga di depan rumah, dan pancingan air ke pompa akhirnya bisa. Airpun bisa mengalir sore ini.

Ua-nya istri sebenarnya punya kenalan ahli sumur bor, tapi dia juga lagi banyak pekerjaan dan baru bisa ke rumah hari sabtu. Semoga pompa dan instalasi pipa di sumur tidak bermasalah lagi hingga hari sabtu ini. Capek juga memancing pompa tiap kali hendak dinyalakan.

Categories: catatan, Misc Tags: , ,
  1. Wendy A.L.
    August 11th, 2012 at 19:26 | #1

    Mau tanya, waktu penggantian klep kena biaya berapa? Thx

    • donnykurnia
      August 11th, 2012 at 19:45 | #2

      Kena 350rb. Waktu dilihat ama ahli pompa yg kedua, mestinya ga perlu diganti, karena klep yg lama sebenarnya masih baik. Sekarang pressure switch otomatis udah diperbaiki dan alhamdulillah lancar.

      • W Adriaan
        August 11th, 2012 at 19:59 | #3

        Kalo ganti klep itu mesti tarik pipa y? Kalau masalah air pancingan tidak penuh2 itu karena klep? Atau ada hal lain?

        • donnykurnia
          August 11th, 2012 at 22:11 | #4

          Iya. Pipa ke pompa dipotong dua2nya, lalu ditarik seluruhnya dari dalam sumur bor. saat penarikan dilakukan, saya lihat sendiri bahwa di dalam pipa msh ada air, jd memang sebenarnya klep msh berfungsi.

          Kemungkinan sih ada pasir nyelip di klep jd klepnya tidak bisa menahan air di dalam pipa.

          Coba aja pancing dgn air yg banyak, dengarkan suara air yg mengalir ke dalam pipa. Suaranya akan makin dekat kalau memang klep berfungsi dan pada akhirnya akan penuh.

          Saya sempat minta sedikit air ke tetangga untuk mancing, karena persediaan air sudah habis, ternyata memang tinggal pancing sekitar seember lagi penuh deh.

  1. No trackbacks yet.