Home > aplikasi, apple > Masalah update aplikasi di iOS 6.1

Masalah update aplikasi di iOS 6.1

February 6th, 2013

Kemarin akhirnya saya mengupdate iOS di iPad2 dari versi 5.0.1 ke versi 6.1. Proses update berjalan mulus, cuma rada lama aja menunggu restore setting dan aplikasi.

Setelah proses update selesai, saya melihat ada kejanggalan di App Store. Ada aplikasi yang ditandai memiliki update, tetapi saya tidak pernah membeli aplikasi tersebut. Saat saya coba update, tampil pesan ‘You can not update this software since you have not owned the major version of this software.’ Ya benar sih, saya belum pernah beli apliasi bernama MotionX GPS Drive, tapi sekarang kenapa muncul di halaman Updates. Cukup mengganggu karena pesan ini akan tampil jika saya tap tombol Update All.

Setelah mencoba mencari di google, akhirnya saya temukan diskusinya di sini: https://discussions.apple.com/thread/4686806?tstart=0

Aplikasi yang menjadi masalah sama persis, dan mengikuti saran di diskusi tersebut, saya coba menghapus aplikasi XLCamera Universal dari iPad. Setelah XLCamera dihapus, sekarang aplikasi MotionX GPS Drive sudah tidak tampil lagi di halaman Updates.

Masalah ini sepertinya hanya terjadi di iDevice dengan iOS versi 6.x. Saat saya masih pakai iOS versi 5.0.1, masalah ini tidak ada. Di iTunes juga tidak tampil adanya update untuk aplikasi MotionX GPS Drive walau ada aplikasi XLCamera tersimpan di account iTunes yang sedang sign-in.

Semoga yang mengalami masalah serupa bisa mencoba solusi ini.

Categories: aplikasi, apple Tags: , , ,
Comments are closed.