Home > web > Membuat Aplikasi di Twitter

Membuat Aplikasi di Twitter

February 28th, 2010

Pada artikel sebelumnya saya telah memberi gambaran singkat langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menginstall dabr di hostingan pribadi. Pada tulisan ini, saya akan membahas bagaimana cara membuat aplikasi di twitter dan menerangkan apa saja yang perlu diisi di tiap kolom isian form aplikasi baru.

Aplikasi di twitter adalah fitur yang disediakan oleh twitter untuk para pengembang aplikasi sehingga aplikasi lain bisa menarik data dari account twitter seseorang dan melakukan update status. Siapapun yang telah memiliki account twitter bisa membuat aplikasinya sendiri.

Untuk melihat list aplikasi yang buatan sendiri, silahkan login di twitter lalu kunjungi halaman http://twitter.com/apps/. Di bagian akhir halaman akan terdapat link dengan tulisan Register a new application ». Klik link tersebut untuk membuat aplikasi baru di twitter.

Pada halaman Register an Application terdapat form isian dengan tampilan sebagai berikut:

Mari kita bahas masing-masing kolom isian yang ada.

  1. Application icon
    Kita bisa mengupload file gambar yang akan dijadikan logo aplikasi. Ada batasan ukuran file sebesar 700kB, dan tipe file yang diterima hanyaJPG, GIF, dan PNG. Jika belum memiliki logo, biarkan saja menggunakan logo default dari twitter, nanti setelah punya logo, aplikasi bisa diedit untuk mengubah logonya.
  2. Application Name
    Isikan nama aplikasi disini. Untuk sebuah twitter client, nama aplikasi ini akan tampil pada status jika digunakan untuk mengupdate status twitter. Contoh nyata pada aplikasi “Bukan Blackberry” yang ada di posting saya sebelum ini. Untuk memasukkan karakter khusus seperti â„¢, paling mudah gunakan aplikasi Character Map. Oh ya, aplikasi tidak boleh mengandung kata “twitter”. Pada aplikasi NgüberTwÑ–tter, saya menggunakan huruf i dari karakter bahasa Russia. Pada aplikasi yang belum mendukung UTF-8, karakter ini mungkin akan tampil seperti kotak saja. Setidaknya, saya bisa mengakali twitter 🙂
  3. Description
    Tuliskan deskripsi aplikasi dalam bahasa Inggris. Sebaiknya isi kolom ini dengan deskripsi aplikasi yang dibuat. Jika menggunakan dabr, maka tuliskan saja teks seperti: “This is dabr, a twitter application to access and update twitter status using mobile device”. Sebaiknya jujur, untuk menghindari masalah di kemudian hari.
  4. Application Website
    Isikan alamat website dimana pengguna aplikasi bisa mendownload aplikasi, atau mengaksesnya, jika aplikasi ini adalah berbasis web, seperti “Bukan BlackBerry”.
  5. Organization
    Jika aplikasi dibuat oleh perorangan, tinggal isikan nama pembuat aplikasi disini. Jika aplikasi dibuat oleh perusahaan/organisasi, ya isikan saja nama organisasi/perusahaan pembuatnya.
  6. Website
    Isikan alamat website pembuat, perorangan atau organisasi. Saya mengisi alamat blog ini untuk aplikasi “Bukan Blackberry” dan NgüberTwÑ–tter.
  7. Application Type
    Pilih pilihan yang sesuai dengan jenis aplikasi yang akan mengakses account twitter. Aplikasi bertipe client contohnya adalah TweetDeck. dabr merupakan aplikasi bertipe Browser, karena harus diakses menggunakan browser.
  8. Callback URL
    Isian ini muncul jika pada pilihan sebelumnya dipilih tipe browser. Isikan dengan alamat callback milik dabr yang telah dipasang. Contoh, di aplikasi Bukan Blackberry, callbacknya adalah http://twitter.abifathir.com/oauth
  9. Default Access Type
    Jika dipilih Read-only, maka aplikasi hanya bisa mengambil status saja, tidak bisa melakukan update. Agar bisa melakukan update status, pilihlah tipe Read & Write.
  10. Use Twitter for login
    Pilihan ini berguna jika aplikasi akan menggunakan informasi login twitter untuk keperluan internal aplikasi. Contohnya adalah GroupTwitter. Aplikasi dabr tidak memerlukan pilihan ini, jadi tidak ada pengaruhnya, dipilih ataupun tidak.
    Update: Saya  tidak tahu dengan pasti apakah dabr membutuhkan setting ini atau tidak. Untuk aplikasi Bukan BlackBerry dan NguberTwitter, pilihan ini saya centang. Bagi yang masih mendapatkan error, coba centang pilihan ini di aplikasi twitter yang dibuat.
  11. ReCAPTCHA
    Ini adalah pengaman form. Isikan teks sesuai gambar yang ditampilkan.

Jika semua telah diisi dengan benar, maka aplikasi twitter akan tercipta. Ada 2 hal yang perlu diperhatikan di halaman keterangan aplikasi twitter, yaitu Consumer Key dan Consumer Secret. Isikan keduanya ke dalam file config.php yang ada di tempat dabr diinstall. Jika mengembangkan aplikasi sendiri, bukan menggunakan dabr, maka perhatikan juga URL-URL milik twitter yang diperlukan saat mengirim request oAuth.

Semoga panduan singkat ini dapat membantu. Selamat membuat aplikasi twitter 😉

PS: Aplikasi twitter pada artikel ini hanyalah sebuah gerbang akses yang dibuka oleh twitter untuk para pengembang aplikasi. Anda tetap membutuhkan aplikasi client baik yang berupa aplikasi desktop (seperti TweetDeck atau UberTwitter di BB), maupun berbasis web seperti dabr, yang akan memanfaatkan aplikasi twitter untuk mengakses timeline dan melakukan update status.

Untuk menginstall dabr, Anda harus memiliki hosting pribadi terlebih dahulu. Tanpa memahami ini, dipastikan akan bingung setelah bikin aplikasi twitter lalu mesti diapain lagi. Silahkan baca ulang artikel ini dan artikel sebelumnya.

Update 9 Apr 2010
Perhatikan langkah ke 10:
Use Twitter for login. Mungkin berhubungan dengan error yang dialami oleh wistu dan rekan lain.

Categories: web Tags: , ,
  1. Rafli Raplay
    August 20th, 2010 at 13:35 | #1

    Bener juga sih.. Haha.. Tapi kalo kita simpen di sub direktori seperti kita simpen semua filenya di folder tweet misalnya, nah dabrnya malah jadi bisa diakses, tapi harus ada halaman index of/, dan juga kalo di home atau mau login menggunakan oauth malah jadi ada tulisan kayak gini: Twitter timed out.
    Dabr gave up on waiting for Twitter to respond. They're probably overloaded right now, try again in a minute. Itu gimana ya mengatasinya? Trus kalo kita ingin tahu apakah hosting membolehkan script php membuka koneksi ke server lain atau tidak itu gimana caranya ya? Maklum saya baru pertama kali pake hosting.. Hehe

  2. donnykurnia
    August 20th, 2010 at 21:14 | #2

    Biasanya ada list fitur yang dibolehkan oleh hosting tersebut, bisa juga dengan menghubungi support centernya.

  3. Arief Lubis
    August 24th, 2010 at 08:34 | #3

    mas, boleh tau hostingan yg membolehkan script php melakukan koneksi ke server lain ga?

  4. donnykurnia
    August 24th, 2010 at 16:29 | #4

    Dreamhost yg saya gunakan untuk blog ini dan Bukan Blackberry membolehkan, jadi aplikasi Bukan Blackberry bisa jalan dengan lancar.

  5. Anonymous
    August 31st, 2010 at 09:43 | #5

    kalau boleh tau apa ya? dan bayar atau tidak?

  6. Anonymous
    August 31st, 2010 at 11:42 | #6

    Maaf, pertanyaannya tidak jelas, apa ada bagian tulisan saya yang Anda belum mengerti? Yang mananya? Bikin aplikasi twitter gratis, twitter tidak memungut bayaran untuk menggunakan layanan mereka kok.

  7. Risma_rise24
    September 13th, 2010 at 05:57 | #7

    mas kok di halaman dabr ga ada link oauth?

    • Anonymous
      September 17th, 2010 at 07:48 | #8

      Halaman dabr yang dimana? urlnya apa, biar saya bisa cek.

  8. September 28th, 2010 at 19:40 | #9

    wkwkwk pusing pusing yang ane demen nih 😀
    tadi berhasil sekarang eror,
    tapi pas di cek di twit aplkiasinya keluar. dan skarang total eror :hammer:
    gak mau ngeribetin om lagi cuman salut
    respon yang om berikan buat pengunjung situs ini 🙂
    salam kenal aja 😀
    ternyata lebih mudah aplkasi facebook yah 🙂

  9. September 29th, 2010 at 10:08 | #10

    kalo udah di upload ke hosting ,trus di apain lagi?

  10. September 29th, 2010 at 10:11 | #11

    kalo udah diupload ke hosting, trus diapain?

    • Anonymous
      September 29th, 2010 at 12:16 | #12

      Hmm, itu sih rahasia teknik tingkat tinggi, perlu sajen khusus dan tapa 40 hari 40 malam…. Seriously, dokumentasi sudah ada, tinggal dibaca apa susahnya sih? Klo ada bagian yang tidak dimengerti, ya silahkan ditanyakan. Masak semua langkah harus ditulis ulang di tiap comment seperti ini, ujung2nya ga dibaca dan nanya lagi. Klo malas baca ya udah, pake yang udah ada aja, ga perlu repot, gampang kan?

  11. Rakyat Jelata
    October 1st, 2010 at 08:27 | #13

    Mas numpang ngerecokin sebentar………..
    Itu “konsumer key” ama “Consumer Secret” ditulis (paste) belah mana-nya dalem config.php

    Dabr-an saya –> http://rakyatjelata.uni.cc/dabr

    • Anonymous
      October 1st, 2010 at 08:54 | #14

      Cari baris ini (ada di awal file kok).
      // OAuth consumer and secret keys. Available from http://twitter.com/oauth_clients
      define(‘OAUTH_CONSUMER_KEY’, ”);
      define(‘OAUTH_CONSUMER_SECRET’, ”);

      isikan di dalam kutip kosong, pastikan ga ada spasi ekstra setelah kutip buka dan sebelum kutip tutup, juga pastikan sama persis dengan key dari twitter.

      • Rakyat Jelata
        October 5th, 2010 at 10:11 | #15

        Boss, petuah ente udah dikerjain….. tapi masih error..
        malah hostingan saya ketengsin. apa karena saya pake hosting gratisan kali ya..
        ngaruh gak sih

      • Rakyat Jelata
        October 6th, 2010 at 04:38 | #16

        Kalo gak pake dabr bidakan….

  12. October 3rd, 2010 at 06:50 | #17

    mas tolongin saya dong . tolong buatin aplikasi buat saya 🙂 nama nya : Twitter for Aditrsp tolong ya mas . saya bener bener gak ngerti !

  13. Masgon
    October 22nd, 2010 at 01:53 | #18

    pak sy sdh bisa instal….setelah login with twitter oauth koq muncul “Error: Login credentials incorrect.” knp yah?
    setingan Default Access type: Read & Write…
    hosting ke IDwebhost….
    link aplikasinya http://twitter.masgonst.web.id/
    trims sblmnya

    • Masgon
      October 22nd, 2010 at 03:45 | #19

      akhirnya sudah bisa jalan….trimakasih….
      oh ya pak….gmn ya caranya biar bisa longtweet?perlu dimodifikasi gmn…ato tambah apa?trims….contoh longtweet spt m.tweete.net

  14. Erlanggaradhikza
    November 14th, 2010 at 14:02 | #22

    Mas cara menentukan Callback URL gmn yah?

  15. November 15th, 2010 at 05:56 | #24

    Thx a lot yaah buat tulisannya,,
    Bermanfaat n berguna bgt!! ^^

  16. November 15th, 2010 at 06:21 | #25

    Aduuh,,
    aq bingung bwat install ke dabr nya??
    Padahal dah kebuat??
    Please bantu donk..
    Gag bisa install dabr????
    Maksudnya install ke PC dlu gtu?
    Pa gmna?? T.T

  17. January 6th, 2011 at 09:58 | #26

    nanya dong, url url yang perlu diperhatikan apa aja ya?

  18. January 6th, 2011 at 13:01 | #27

    cari config.phpnya dimana ya?

  19. Alfi_rachman
  20. March 6th, 2011 at 18:07 | #29

    http://bejad.org/twitt 🙂 slm kenal smw.

  21. nu_oho
    March 12th, 2011 at 14:56 | #30

    http://www.otweet.tk/tweet/dabr/ <— kok gak bisa sign in ya mas?

  22. April 1st, 2011 at 10:44 | #31

    Nah yang application website itu isinya apa aja?

  23. dio
    April 25th, 2011 at 22:14 | #32

    mas btuh pencerahan linknya http://dioefiko.coolpage.biz

    • Anonymous
      April 26th, 2011 at 02:57 | #33

      Tinggal baca aja keterangan di halaman http://e.freewebhostingarea.com/500.html Intinya ada batasan yang ditetapkan oleh web hosting yang kamu gunakan, sehingga saat ini aplikasi dabr belum bisa berjalan dengan sempurna di sana. Silahkan diperbaiki, hubungi admin hosting, atau cari hosting yang lebih relax aturannya.

  24. Ilhamy95
    June 19th, 2011 at 03:31 | #34

    agan. cara mengunggah apps ke web bagai mana?

  25. Agustian Bengkulu
    October 29th, 2011 at 18:57 | #35

    asuuu

  26. Ashari_flick
    December 27th, 2011 at 00:42 | #36

    maksudnya “website ” itu diisi sm apa?

  27. Ashari_flick
    December 27th, 2011 at 00:49 | #37

    yang ini bingung
    Isikan alamat website pembuat, perorangan atau organisasi. Saya mengisi alamat blog ini untuk aplikasi “Bukan Blackberry” dan NgüberTwіtter.

    • Anonymous
      December 27th, 2011 at 04:40 | #38

      Cukup jelas kan? Misal aja, tahu tweetdeck kan? Kalau ada yang nge-tweet pakai tweetdeck, di twitnya akan kelihatan link from tweetdeck yang bisa di-klik. Link ini akan mengarah ke website yang diisikan saat membuat aplikasi twitter. Untuk teeetdeck tentunya akan mengarah ke website tweetdeck. Untuk aplikasi yang Ashari bikin, isikan aja alamat blog atau website yang berisi info ttg aplikasi yg Ashari bikin ini.

  28. December 27th, 2011 at 03:57 | #39

    hey twitteeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeer 🙂

  29. December 28th, 2011 at 09:25 | #40

     Aduh kak….kog msih susah yah?? pdhal app.nya udah jdi, PrincessTwitâ„¢ nama.y tpi aku bingung dlm sgala hal, kyak gmna cara aku buat status twitter lwat app ini…krn aku blom nginstal dabr nya, ama aku jg gak punya website sendiri kayak punya kk’ http://twitter.abifathir.com/

    kasi solusi dong kak??!!

  30. Anonymous
    January 3rd, 2012 at 08:57 | #41

    membingungkan

  31. Cika
    January 4th, 2012 at 05:45 | #42

    aduhh sayang banget twitterku error gajelas gitu ,, 🙁 gmna yah cara supaya ga error lagiii ?????????

Comment pages
1 2 3 52
Comments are closed.