Home > Misc > Twitter pun tertangkap basah melakukan sensor

Twitter pun tertangkap basah melakukan sensor

May 31st, 2010

Bagi para pengguna Twitter tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Trending Topic yang sering disingkat menjadi TT. Trending Topic adalah fitur twitter yang menampilkan 10 topik terhangat yang sedang dibahas oleh para pengguna twitter di seluruh belahan dunia. Selain melihat TT dari seluruh dunia, sekarang Twitter juga telah menambahkan fitur baru untuk menampilkan TT per regional.

Hari ini adalah hari yang cukup fenomenal yang akan tercatat sebagai sejarah baru bagi twitter. Penyebabnya tidak lain adalah karena Twitter tertangkap basah melakukan sensor terhadap Trending Topic. Cara yang mudah untuk mengetahui hal ini adalah dengan membandingkan Trending Topic milik Twitter dengan milik situs lain yang melakukan tracking Trending Topic secara independen.

Silahkan lihat kedua gambar berikut ini:

dan

(klik gambar untuk melihatnya secara utuh)

Kata Flotilla yang sedang ramai dibicarakan oleh para tweeps (sebutan untuk pengguna twitter) tidak tampil pada trending topic-nya twitter. Kata ‘israil’ tetap muncul. Ini adalah pertanda bahwa twitter memang sengaja memblacklist kata Flotilla, Gaza, dan berbagai kata lain sehingga tidak tampil di Trending Topic.

Sepertinya mulai tahun depan, selain merayakan tanggal 31 Mei sebagai No Tobacco Day, seluruh warga dunia juga akan merayakan `The Day Twitter Cencor Flotilla`.

Bagi yang ingin tetap mengikuti berita tentang Flotilla, silahkan gunakan link berikut ini yang akan mengarah ke hasil pencarian realtime milik google:
http://bit.ly/cbHs06
http://bit.ly/bKljQG
http://bit.ly/bPV2lH

Ayo sebarkan berita ini. Jika media terpusat seperti twitter bisa seenaknya melakukan sensor, maka blog milik pribadi adalah satu-satunya media yang bisa bersuara lantang menentang hal tersebut.

Categories: Misc Tags: , , ,
  1. No comments yet.
Comments are closed.