Archive

Archive for November, 2010

Ngoprek CakePHP

November 13th, 2010 6 comments

Sudah 1 bulan ini saya bergabung menjadi karyawan di PT. WGS. Ada 2 framework utama yang digunakan di sini, yaitu Ruby On Rails dan CakePHP.

Seminggu pertama bekerja, saya mendapatkan training Ruby On Rails. Tetapi di minggu kedua, saya dipindahkan ke training CakePHP, karena proyek yang nantinya akan saya kerjakan adalah proyek yang menggunakan CakePHP.

CakePHP adalah imitasi dari Ruby On Rails, ini diakui sendiri oleh pembuat CakePHP. Sebagai imitasi, banyak fitur Ruby on Rails yang berhasil dipindahkan dari bahasa Ruby ke dalam bahasa PHP. Sayangnya, fitur-fitur seperti db:migrate dan db:fixtures masih belum ada / belum sempurna dijalankan di CakePHP. Dari segi coding, bahasa PHP juga sedikit kesulitan saat dipaksa mengimplementasikan fitur dari bahasa Ruby, sehingga CakePHP banyak meng-abuse penggunaan array().

Bagi saya, belajar dan menggunakan CakePHP adalah tantangan tersendiri. Di satu sisi, implementasi convention-over-configuration sangat membantu mempercepat penyelesaian aplikasi. Di sisi lain, beberapa fitur yang dipaksakan dari Ruby On Rails jadi terasa tidak alami saat diimplementasikan di PHP. Belum sempurnanya dukungan untuk migrate & fixtures juga dirasa sebagai kekurangan, saat melakukan develop aplikasi secara bersama-sama.

Untuk saya yang kurang bisa menghasilkan desain yang bagus, style default dari CakePHP sudah cukup bagus di mata saya. Ke depan, mungkin saya akan menggunakan CakePHP untuk proyek pribadi, sehingga saya tidak perlu pusing lagi mencari template halaman web yang bagus. Tapi saya masih merasa nyaman dengan coding ala CodeIgniter. Beberapa saat lagi CodeIgniter 2.0 juga akan dirilis. Mari kita tunggu, apa saja fitur baru di rilis kali ini.

Categories: web Tags: