Home > aplikasi, apple, teknologi > Perbandingan WhatsApp dan BBM di iOS

Perbandingan WhatsApp dan BBM di iOS

September 29th, 2013

Saat launching BBM di iOS, saya termasuk yang beruntung sempat menginstall aplikasi BBM sebelum aplikasinya ditarik dari App Store keesokan paginya.

Setelah menggunakan BBM, berikut ini beberapa hal yang menarik dari BBM jika dibandingkan dengan aplikasi WhatsApp:

  1. Status pengiriman pesan
    BBM punya 3 tingkatan status pesan. Tanda centang untuk pesan terkirim ke server BBM, D untuk pesan sudah masuk ke perangkat tujuan, dan R untuk pesan sudah dibuka di perangkat tujuan.
    WhatsApp hanya punya 2 tingkatan status. Satu tanda centang untuk pesan terkirim dan 2 tanda centang untuk pesan sudah masuk ke perangkat tujuan.
  2. Status dan foto kontak
    BBM menampilkan status dan foto kontak sementara di WhatsApp hanya menampilkan status tanpa foto. Daftar kontak di WhatsApp menggunakan UI standar iOS.
  3. Update status dan foto
    BBM punya satu tab sendiri untuk menampilkan update dari kontak-kontak yang kita miliki. Setiap kali ada yang mengubah status atau mengupload foto baru, maka akan tampil disini. WhatsApp tidak memiliki halaman update ini sehingga mengganti teks status lebih seru di BBM ketimbang di WhatsApp.
  4. Menambahkan kontak baru dan mengirim pesan
    BBM membutuhkan kedua pihak yang ingin mengirimkan pesan untuk saling terbubung terlebih dahulu. Salah satu pihak harus mengundang pihak lain dengan menambahkan PIN BB tujuan. Setelah masuk ke daftar kontak, barulah bisa saling mengirimkan pesan. WhatsApp tidak harus masuk kontak, asalkan tahu nomer telepon tujuan, pesan bisa dikirim. Jadi lebih mirip sms, tapi lewat koneksi data.

Itulah beberapa hal yang saya lihat setelah menggunakan aplikasi BBM di iOS. Saya belum mencoba fitur group chat di BBM, jadi belum bisa membandingkan dengan group chat di WhatsApp.

Categories: aplikasi, apple, teknologi Tags: , ,
Comments are closed.