Home > Misc > Menerima mata uang selain US$ di PayPal

Menerima mata uang selain US$ di PayPal

March 18th, 2009

Pagi ini ketika Abi mengecek email, ada email dari PayPal yang memberitahukan bahwa ada dana masuk ke rekening PayPal milik Abi. Abi perlu memilih menerima atau menolak transaksi tersebut. Transaksi tersebut dibayarkan dalam mata uang £, sedangkan rekening PayPal Abi dalam mata uang US$.

Setelah Abi login ke PayPal dan mengklik tombol Accept transaksi tersebut, ada 3(tiga) pilihan yang ditawarkan, yaitu  mengkonversi jumlah uang tadi dari £ menjadi US$, menyimpan ke dalam £, atau menolak transaksi ini. Abi mencoba mencari tahu dari halaman bantuan PayPal, apakah akan ada biaya tambahan jika menyimpan uang dalam mata uang lain. Abi tidak menemukan pernyataan dari PayPal akan adanya biaya tambahan.

Abi akhirnya memilih opsi kedua, menyimpan dalam £. Sekarang di halaman ‘My Account’ PayPal Abi telah ada dua saldo, satu dalam US$ dan satu dalam £. Total keduanya tetap dalam US$.

Abi lalu melakukan penarikan dana ke rekening Bank di Indonesia milik Abi. Di halaman penarikan, diberikan dua dropdown, dari saldo mana dana akan ditarik. Hal ini mengakibatkan Abi tidak bisa menarik dana dari kedua saldo secara bersamaan, harus satu persatu.

Di layar selanjutnya, PayPal menampilkan kurs £ terhadap Rp, dan jumlah uang yang akan ditransfer ke rekening Bank milik Abi. Setelah dihitung-hitung, lebih menguntungkan langsung menerima uang dalam £, lalu ditarik ke Rp, ketimbang dikonversi menjadi US$, lalu ditarik. Cara kedua akan mengakibatkan dana yang ada terkena biaya kurs dua kali. Jumlah akhir yang diterima akan berselisih cukup banyak antara cara pertama (£ ke Rp) dan cara kedua (£ ke US$ keRp)

Dari pengalaman ini Abi mendapatkan pengalaman baru. Usahakan dana mengalami konversi kurs sesedikit mungkin, kalau bisa jangan sama sekali. Dana yang terkena dua kali kurs jumlah akhirnya akan jauh lebih kecil ketimbang yang mengalami satu kali kurs. £ -> Rp lebih banyak ketimbang £ -> US$ -> Rp.

Sayang sekali Abi belum menemukan cara agar PayPal mengirim dana tetap dalam bentuk US$ ke rekening Bank di Indonesia. Bisa gak ya PayPal mengenali rekening US$ BCA, dan mengirim dana ke rekening ini dalam mata uang US$ juga? Kalau bisa, ini akan lebih menguntungkan, karena rate US$ di Bank lebih tinggi ketimbang rate di PayPal.

Categories: Misc Tags:
Comments are closed.