Home > web > Membuat Aplikasi di Twitter

Membuat Aplikasi di Twitter

February 28th, 2010

Pada artikel sebelumnya saya telah memberi gambaran singkat langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menginstall dabr di hostingan pribadi. Pada tulisan ini, saya akan membahas bagaimana cara membuat aplikasi di twitter dan menerangkan apa saja yang perlu diisi di tiap kolom isian form aplikasi baru.

Aplikasi di twitter adalah fitur yang disediakan oleh twitter untuk para pengembang aplikasi sehingga aplikasi lain bisa menarik data dari account twitter seseorang dan melakukan update status. Siapapun yang telah memiliki account twitter bisa membuat aplikasinya sendiri.

Untuk melihat list aplikasi yang buatan sendiri, silahkan login di twitter lalu kunjungi halaman http://twitter.com/apps/. Di bagian akhir halaman akan terdapat link dengan tulisan Register a new application ». Klik link tersebut untuk membuat aplikasi baru di twitter.

Pada halaman Register an Application terdapat form isian dengan tampilan sebagai berikut:

Mari kita bahas masing-masing kolom isian yang ada.

  1. Application icon
    Kita bisa mengupload file gambar yang akan dijadikan logo aplikasi. Ada batasan ukuran file sebesar 700kB, dan tipe file yang diterima hanyaJPG, GIF, dan PNG. Jika belum memiliki logo, biarkan saja menggunakan logo default dari twitter, nanti setelah punya logo, aplikasi bisa diedit untuk mengubah logonya.
  2. Application Name
    Isikan nama aplikasi disini. Untuk sebuah twitter client, nama aplikasi ini akan tampil pada status jika digunakan untuk mengupdate status twitter. Contoh nyata pada aplikasi “Bukan Blackberry” yang ada di posting saya sebelum ini. Untuk memasukkan karakter khusus seperti â„¢, paling mudah gunakan aplikasi Character Map. Oh ya, aplikasi tidak boleh mengandung kata “twitter”. Pada aplikasi NgüberTwÑ–tter, saya menggunakan huruf i dari karakter bahasa Russia. Pada aplikasi yang belum mendukung UTF-8, karakter ini mungkin akan tampil seperti kotak saja. Setidaknya, saya bisa mengakali twitter 🙂
  3. Description
    Tuliskan deskripsi aplikasi dalam bahasa Inggris. Sebaiknya isi kolom ini dengan deskripsi aplikasi yang dibuat. Jika menggunakan dabr, maka tuliskan saja teks seperti: “This is dabr, a twitter application to access and update twitter status using mobile device”. Sebaiknya jujur, untuk menghindari masalah di kemudian hari.
  4. Application Website
    Isikan alamat website dimana pengguna aplikasi bisa mendownload aplikasi, atau mengaksesnya, jika aplikasi ini adalah berbasis web, seperti “Bukan BlackBerry”.
  5. Organization
    Jika aplikasi dibuat oleh perorangan, tinggal isikan nama pembuat aplikasi disini. Jika aplikasi dibuat oleh perusahaan/organisasi, ya isikan saja nama organisasi/perusahaan pembuatnya.
  6. Website
    Isikan alamat website pembuat, perorangan atau organisasi. Saya mengisi alamat blog ini untuk aplikasi “Bukan Blackberry” dan NgüberTwÑ–tter.
  7. Application Type
    Pilih pilihan yang sesuai dengan jenis aplikasi yang akan mengakses account twitter. Aplikasi bertipe client contohnya adalah TweetDeck. dabr merupakan aplikasi bertipe Browser, karena harus diakses menggunakan browser.
  8. Callback URL
    Isian ini muncul jika pada pilihan sebelumnya dipilih tipe browser. Isikan dengan alamat callback milik dabr yang telah dipasang. Contoh, di aplikasi Bukan Blackberry, callbacknya adalah http://twitter.abifathir.com/oauth
  9. Default Access Type
    Jika dipilih Read-only, maka aplikasi hanya bisa mengambil status saja, tidak bisa melakukan update. Agar bisa melakukan update status, pilihlah tipe Read & Write.
  10. Use Twitter for login
    Pilihan ini berguna jika aplikasi akan menggunakan informasi login twitter untuk keperluan internal aplikasi. Contohnya adalah GroupTwitter. Aplikasi dabr tidak memerlukan pilihan ini, jadi tidak ada pengaruhnya, dipilih ataupun tidak.
    Update: Saya  tidak tahu dengan pasti apakah dabr membutuhkan setting ini atau tidak. Untuk aplikasi Bukan BlackBerry dan NguberTwitter, pilihan ini saya centang. Bagi yang masih mendapatkan error, coba centang pilihan ini di aplikasi twitter yang dibuat.
  11. ReCAPTCHA
    Ini adalah pengaman form. Isikan teks sesuai gambar yang ditampilkan.

Jika semua telah diisi dengan benar, maka aplikasi twitter akan tercipta. Ada 2 hal yang perlu diperhatikan di halaman keterangan aplikasi twitter, yaitu Consumer Key dan Consumer Secret. Isikan keduanya ke dalam file config.php yang ada di tempat dabr diinstall. Jika mengembangkan aplikasi sendiri, bukan menggunakan dabr, maka perhatikan juga URL-URL milik twitter yang diperlukan saat mengirim request oAuth.

Semoga panduan singkat ini dapat membantu. Selamat membuat aplikasi twitter 😉

PS: Aplikasi twitter pada artikel ini hanyalah sebuah gerbang akses yang dibuka oleh twitter untuk para pengembang aplikasi. Anda tetap membutuhkan aplikasi client baik yang berupa aplikasi desktop (seperti TweetDeck atau UberTwitter di BB), maupun berbasis web seperti dabr, yang akan memanfaatkan aplikasi twitter untuk mengakses timeline dan melakukan update status.

Untuk menginstall dabr, Anda harus memiliki hosting pribadi terlebih dahulu. Tanpa memahami ini, dipastikan akan bingung setelah bikin aplikasi twitter lalu mesti diapain lagi. Silahkan baca ulang artikel ini dan artikel sebelumnya.

Update 9 Apr 2010
Perhatikan langkah ke 10:
Use Twitter for login. Mungkin berhubungan dengan error yang dialami oleh wistu dan rekan lain.

Categories: web Tags: , ,
  1. sendzation
    March 1st, 2010 at 17:24 | #1

    mas, gimana caranya biar langsung minta oauth pas masuk di index nya? saya gagal oauth terus nih, bingung oauth_token nya yang mana ya???

  2. donnykurnia
    March 1st, 2010 at 18:49 | #2

    Setelah berhasil membuat aplikasi twitter, akan ditampilkan Consumer Key dan Consumer Secret. Isikan ini ke dalam konfigurasi dabr di file config.php. Jangan lupa tipe aplikasi twitternya mesti diset ke 'browser' dan set juga callback url.

  3. sendzation
    March 2nd, 2010 at 03:28 | #3

    OK deh nanti saya coba lagi…

  4. sendzation
    March 2nd, 2010 at 03:37 | #4

    cuma itu aja yang di edit? gak ada lagi?

  5. hestea
    March 4th, 2010 at 12:33 | #5

    bikinin ak dong om bnguung….. ada ym ga?

  6. hestea
    March 4th, 2010 at 12:36 | #6

    binguuung ni naruhh Consumer key n bla2 nya….. hikss

  7. kiki_devil
    March 6th, 2010 at 03:53 | #7

    mas aku ga bisa bisa nih,aku minta email mas dong.

  8. Andy
    March 8th, 2010 at 01:27 | #8

    hehe…iya tuh mas, saya iseng otak-atik ngga bisa2 ya…callback URL nya “BukanBlackberry” yang ==> (http://twitter.abifathir.com/oauth) dapetnya dari mana ya?

    apakah formatnya selalu==> http://twitter.NAMAUSER.com/oauth ?
    mohon pencerahan mas 😀
    thx b4

  9. donnykurnia
    March 8th, 2010 at 02:00 | #9

    Kalau baca posting saya sebelumnya: http://blog.abifathir.com/?p=47 maka akan mudah diketahui bahwa abifathir.com adalah nama domain yg saya miliki. http://twitter.abifathir.com/ adalah tempat saya menginstall dabr di hosting milik saya saat ini.
    Setelah dabr diinstall, maka http://twitter.abifathir.com/oauth akan bisa diakses lewat browser.

    Contoh kedua jika ini masih belum jelas. Aplikasi BlackBerry Punya Teman memiliki callback URL http://nowdo.volverhank.net/oauth, karena volverhank.net adalah domain milik volverhank dan dia menginstall dabr pada sub domain http://nowdo.volverhank.net/

  10. Andy
    March 8th, 2010 at 15:27 | #10

    owhhh..berhasil mas, hehe rupanya saya cuma kebalik masukin consumer key sama consumer secretnya….terima kasih banyak mas….

  11. donidonita
    March 9th, 2010 at 01:40 | #11

    udah sukses buat aplikasi twitter-nya..cuma bingung gimana cara masukin kode consumer key n consumer secret-nya… mohon petunjuknya

  12. donnykurnia
    March 9th, 2010 at 01:49 | #12

    Silahkan baca artikel sebelumnya di http://blog.abifathir.com/?p=47

    Pada artikel itu, saya menggunakan dabr sebagai aplikasi client untuk mengakses timeline di twitter dan melakukan update status.

    Saya juga akan mengupdate artikel ini, karena sepertinya banyak yang bacanya loncat-loncat langsung kesini, atau juga melewatkan kalimat di artikel pertama bahwa dabr mesti diinstal di hosting pribadi

  13. buxetset
    March 10th, 2010 at 13:54 | #13

    gmana ini mas ?
    susah .. udah jadi sih appnya , cuman ko mau masalah kode consumer key n consumer secret-nya gmana ?

  14. March 12th, 2010 at 07:56 | #14

    mas punya saya koq gak mau langsung redirect ke twitter.com kaya punya mas fathir, kenapa ya? mohon bantuannya

  15. donnykurnia
    March 12th, 2010 at 10:14 | #15

    Silahkan lihat lebih lengkapnya di http://blog.abifathir.com/?p=70

  16. arif
    March 13th, 2010 at 19:53 | #16

    saya sudah instal dabr, tapi kok update nya masih via web mas? mohon pencerahan

  17. donnykurnia
    March 14th, 2010 at 00:17 | #17

    Mohon dijelaskan maksud dari “kok update nya masih via web”.

  18. donnykurnia
    March 14th, 2010 at 00:19 | #18

    Kalo pertanyaannya kayak gini saya juga bingung, kamu sepertinya ga baca artikel saya sebelumnya. Baca juga bagian akhir artikel diatas. Kamu mesti punya aplikasi sendiri yang akan memanfaatkan Consumer Key dan Consumer Secret yang diberikan oleh twitter untuk aplikasimu itu. Kalo ga bisa bikin sendiri, bisa pake dabr, install aja di hosting pribadi.

  19. rasuna
    March 25th, 2010 at 07:18 | #19

    untuk bagiian encryption key di config.php diisi apa ya?

  20. sardi
    March 25th, 2010 at 07:19 | #20

    iya nih saya juga bingung bagian itu diisi apa mungkin ada yang bisa bantu?

  21. donnykurnia
    March 25th, 2010 at 09:04 | #21

    Yang bagian ini ya:
    // Cookie encryption key. Max 52 characters
    define('ENCRYPTION_KEY', '');

    Isi aja karakter angka atau huruf acak. Nanti akan digunakan oleh dabr untuk mengenkripsi data pada cookies. Tujuan diisi dengan rangkaian karakter acak supaya data pada cookies aman, tidak bisa digunakan oleh pihak lain walaupun cookies tersebut dicuri misalnya. Pastikan aja panjangnya ga melebihi 52 karakter.

  22. sardi
    March 25th, 2010 at 09:38 | #22

    oh ya mas boleh minta tolong gak supaya dibuat tutorialnya buat yang mau naro di webhost yang free kayak di 000webhost.com soalnya saya makenya webhost yang free tapi maih bingung, maaf kalo merepotkan makasih

  23. donnykurnia
    March 26th, 2010 at 05:52 | #23

    Yang ingin ditaro di webhost adalah aplikasi dabr kan ya? Di post saya sebelumnya telah saya cantumkan link ke cara instalasi dabr yang ada di http://code.google.com/p/dabr/wiki/SetupGuide

    Silahkan diikuti, gampang kok, cuman perlu edit file config.php, isikan dengan key yang didapatkan dari twitter application yang telah dibuat.

    Jika masih ditemukan kesalahan atau dabr-nya ga jalan, ada beberapa kemungkinan:
    1. Cek kembali apakah requirement dabr dimiliki oleh webhost (ada di halaman Setup Guide)
    2. Hostingan free ada yang tidak membolehkan koneksi ke luar, jadi koneksi ke server twitter tidak bisa dilakukan. Cek kembali fitur apa saja yang ditawarkan oleh webhost free yang akan digunakan.

    Jika ada masalah, silahkan beritahu langkah-langkah apa saja yang dilakukan, pesan kesalahan yang tampil, dan URL yg bisa ditest kalau ada.

    Semoga berhasil.

  24. wistu
    April 5th, 2010 at 14:58 | #24

    Numpang tanya:
    1. Untuk menginstall DABR cukup upload file2 dabr ke hosting ya?
    2. Asal hosting support PHP, apakah ada pengaruhnya dengan curl PHP module dll itu?

    Terima kasih sebelumnya.

  25. donnykurnia
    April 5th, 2010 at 16:33 | #25

    Silahkan baca apa saja yang dibutuhkan oleh dabr di halaman ini: http://code.google.com/p/dabr/wiki/SetupGuide

  26. wistu
    April 8th, 2010 at 19:58 | #26

    Hm.. Benar2 bermasalah.

    Saya sudah instalasi dabr dengan benar, dapat digunakan menggunakan log in username n password.

    Nah, sebagaimana dijelaskan, agar updatenya dari aplikasi yang dibuat (saya sudah buat dan mendapatkan key dr twitter), harus menggunakan oauth.

    Setelah saya set di common/user.php sesuai petunjuk, memang mengarah ke call back URL

    tetapi kok malah gak respon?

    cliquers.net/twit

  27. donnykurnia
    April 9th, 2010 at 03:59 | #27

    Pertama yang harus dicek adalah 'Application Type' mesti diset ke browser, lalu callback url diisi dengan http://cliquers.net/twit/oauth

    Perhatikan juga saat copy paste consumer key dan consumer secret ke file config.php. Pastikan yang berada di dalam tanda kutip hanya karakter saja, tidak ada spasi. Cek ulang dan pastikan sama dengan yang diberikan oleh twitter dan tidak terbalik.

    Edit file common/user.php nanti aja. Pastikan dulu login dengan oAuth bisa jalan dengan lancar.

  28. donnykurnia
    April 9th, 2010 at 04:13 | #28

    Oh ya, lihat juga update di artikel saya. Coba pilihan 'Use Twitter for login' dipilih, mungkin berhubungan.

  29. April 22nd, 2010 at 02:21 | #29

    Mas, bagaimana cara mengubah from 'dabr' menjadi 'bukan blackberry' ?

    apakah di script ini yg harus diubah ?
    atau ada yg lain?
    curl_setopt($ch, CURLOPT_USERAGENT, 'dabr');

    $post_data = array('source' => 'dabr', 'status' => $status);

    saya sudah menambahkah consumer key dan consumer secret. mohon penjelasannya..

  30. donnykurnia
    April 22nd, 2010 at 04:31 | #30

    Anda mesti logon dengan metode oAuth, baru akan keluar nama aplikasi twitter sebagai sumber updatenya. Kalau update masih terlihat 'from dabr', itu karena login pake username & password di dabr.

    Text Bukan BlackBerry® adalah nama aplikasi twitter yang saya buat di twitter. Source code dabr ditak diutak-atik, kecuali hanya untuk menutup login form yang saya lakukan di post saya yang lain.

  31. akbarkhalif
    April 23rd, 2010 at 02:56 | #31

    Mas mau tanya nih, saya berhasil mengubah from dabr. kemudian saya membuat yang beda lagi pada sub domain yang berbeda dengan cara meng-copy-nya. Dan telah mengubah Consumer key dan Consumer Secret sesuai applikasi yang baru. Tapi ketika dijalankan saat Sign in with Twitter/OAuth kenapa oauth-nya not found ya?

  32. donnykurnia
    April 23rd, 2010 at 04:47 | #32

    Not found yang kayak gimana ya? Ada url yg bisa saya test? Di aplikasi yang baru, callback url-nya sudah disesuaikan?

  33. indrakape
    April 23rd, 2010 at 07:23 | #33

    mas bisa tolong jelasin lebih ditel ?
    nubi banget nih mas

    ato konsultasi via ym deh bila perlu

    tolong yaa 😀

  34. donnykurnia
    April 23rd, 2010 at 07:35 | #34

    Kalau semua orang kayak gini bisa tepar saya melayani permintaan satu persatu. Perlu penjelasan detail yang seperti apa sih? Kalau ada yang ga ngerti, di bagian yang mananya? Sudah melakukan langkah apa aja dan mentok di bagian mana. Ada pesan kesalahan apa, silahkan disharing disini.

  35. akbarkhalif
    April 26th, 2010 at 04:08 | #35

    ini mas, saya sudah mencoba semua yg telah diperintahkan. Key Consumer dll serta ENCRYPTION_KEY sudah diganti. Lagi-lagi oauth-nya not found. saya coba di http://meteo-dev.bmkg.go.id/twitter. Nah kalo yang ini beda domain. Saya pasang di dalam folder twitter. Cuma sekedar test dulu aja.

  36. donnykurnia
    April 26th, 2010 at 05:43 | #36

    http://meteo-dev.bmkg.go.id/twitter/oauth ga bisa diakses karena dabr-nya diletakkan di sub directory. File .htaccess harus diedit sehingga menjadi seperti ini:
    # URL rewriting
    RewriteEngine on
    RewriteBase /twitter/
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
    RewriteRule ^(.*)$ index.php?q=$1 [L,QSA]

    Baris yang ditambah adalah baris yang ini:
    RewriteBase /twitter/

    Baris lain di file .htaccess biarkan tetap ada.

  37. akbarkhalif
    April 26th, 2010 at 07:47 | #37

    Terimakasih mas atas jawabannya.. Ternyata masih gagal mas..
    saya mencoba menginstall aplikasi dabr sudah sampai 4x, 1 diantaranya sukses dan yg lainnya mengalami hal yg serupa / gagal saat oauth.
    Diantara 3 yg gagal, saya install di subdomain sebanyak 2x. dan yg satu lagi di dalam folder. Apakah sistem OAuth di twitter sudah berubah ya??

    saya sudah mendownload file .zip yg diberikan dabr, dan juga mendownload satu per satu file di http://dabr.googlecode.com/svn/trunk/ ternyata errornya sama, yaitu saat oauth.

    saya juga sudah mereset key consumer http://twitter.com/oauth_clients/
    bahkan mendelete dan membuatnya lagi. Gagalnya tetap sama..

    3 sub domain yang saya pakai berada pada domain yang sama. 1 diantaranya berhasil/sukses.

    Mungkin mas bisa upload file2 dabr .zip yg dimiliki agar kami bisa mendownloadnya…

    Terimakasih atas pencerahannya..
    terimakasih

  38. donnykurnia
    April 26th, 2010 at 09:47 | #38

    http://twitter.abifathir.com/ sampai sekarang masih baik2 saja, oAuth berjalan dengan lancar, artinya tidak ada bug di modul oAuth dabr dan twitter tidak mengubah protokol apapun terkait oAuth.

    FYI, saya tidak mengutak atik source dabr, kecuali config.php dan perubahan untuk menutup halaman form di post saya yang lain. Jadi jika kamu download dabr dari http://dabr.googlecode.com/files/dabr-r267.zip , maka saya juga pakai dabr yang sama.

    Tentang subdirectory, memang akan butuh perubahan .htaccess. http://twitter.abifathir.com/ saya install di subdomain dan tidak ada masalah apapun. Setelah dabr diinstall, cek dengan mengunjungi halaman oauthnya, contoh: http://twitter.abifathir.com/oauth
    Jika consumer key dan consumer secret bener, maka akan langsung diredirect ke halaman deny/allow punya twitter.

    Pastikan consumer key dan consumer secret sudah diisi dengan benar sesuai yg diberikan oleh twitter, tidak ada spasi ekstra di dalam tanda kutip:
    define('OAUTH_CONSUMER_KEY', '[consumer key dari twitter]');
    define('OAUTH_CONSUMER_SECRET', '[consumer secret dari twitter]');

    Pastikan juga callback di aplikasi diset ke url tempat dabr diinstall, contohnya di bukan blackberry: http://twitter.abifathir.com/oauth

    URL yang gagal itu apa? Boleh saya kunjungi?

  39. akbarkhalif
    April 28th, 2010 at 03:40 | #39

    saya membaca di http://code.google.com/p/dabr/wiki/SetupGuide dalam Step 3:

    ada yg perlu di perhatikan :

    // Base URL, should point to your website, including a trailing slash
    // Can be set manually but the following code tries to work it out automatically.
    $base_url = 'http://'.$_SERVER['HTTP_HOST'];
    if ($directory = trim(dirname($_SERVER['SCRIPT_NAME']), '/,')) {
    $base_url .= '/'.$directory;
    }
    define('BASE_URL', $base_url.'/');

    jika dipasang di directory, berarti apanya yg diubah? apa hanya di file .htaccess saja?

    punya contoh dabr yg dipasang di dalam directory mas??

  40. donnykurnia
    April 28th, 2010 at 04:48 | #40

    Baca bagian ini dong:
    3. BASE_URL is worked out automatically, but can be hard coded if you prefer.

    Kode diatas akan secara otomatis mengetahui alamat URL tempat dabr diinstall, jadi tidak perlu diubah manual.

    Nanti kalau sempat akan saya coba install dabr di subdirectory.

  41. akbarkhalif
    April 28th, 2010 at 06:48 | #41

    Terimakasih mas sebelumnya.

    Oh ya, ini alamat coba2 saya http://blackburry.ngetwit.in
    terjadi kesalahan lagi di sini saat proses update status. Muncul komentar berikut :

    Error: Login credentials incorrect.

  42. donnykurnia
    April 28th, 2010 at 13:36 | #42

    Sudah dicek ulang setting twitter applicationnya, apakah sudah memilih Read & Write di Default Access Type, atau masih Read-Only ?

  43. akbarkhalif
    April 29th, 2010 at 05:18 | #43

    sudah mas, sudah di cek semua. Saya menghapus aplikasinya dan membuat baru. ternyata berhasil. Thanks mas..

  44. May 2nd, 2010 at 19:13 | #44

    mas kalo begini bagai mana mas ?
    kok error terus yah ?
    http://mimpi.6te.net/

  45. donnykurnia
    May 3rd, 2010 at 00:32 | #45

    Tampaknya hosting tidak memperbolehkan akses script ke server lain. Dabr memiliki kebutuhan untuk mengakses server twitter.com
    Kemungkinan kedua, hosting butuh rule tertentu untuk .htaccess file. Atau ada limitasi tertentu dari pihak hosting. Coba saja hubungi teknisi hostingnya, tanyakan hal ini.

  46. Cory
    May 24th, 2010 at 10:26 | #46

    Om ajarin aku om 🙁 gak ngerti huhu

  47. June 3rd, 2010 at 07:35 | #47

    aku dah berhasil instal tapi kok pas update status tetep ad aketerangan via dabr ya..
    aku mo buat via shoutcamp.. caranya gimana neeh…

  48. June 3rd, 2010 at 08:28 | #48

    saya udah nyoba bikin..,,tapi ko gak bisa diakses???

  49. donnykurnia
    June 3rd, 2010 at 10:14 | #49

    Boleh tahu alamatnya?

Comment pages
1 2 3 52
Comments are closed.