Home > web > Membuat Aplikasi di Twitter

Membuat Aplikasi di Twitter

February 28th, 2010

Pada artikel sebelumnya saya telah memberi gambaran singkat langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menginstall dabr di hostingan pribadi. Pada tulisan ini, saya akan membahas bagaimana cara membuat aplikasi di twitter dan menerangkan apa saja yang perlu diisi di tiap kolom isian form aplikasi baru.

Aplikasi di twitter adalah fitur yang disediakan oleh twitter untuk para pengembang aplikasi sehingga aplikasi lain bisa menarik data dari account twitter seseorang dan melakukan update status. Siapapun yang telah memiliki account twitter bisa membuat aplikasinya sendiri.

Untuk melihat list aplikasi yang buatan sendiri, silahkan login di twitter lalu kunjungi halaman http://twitter.com/apps/. Di bagian akhir halaman akan terdapat link dengan tulisan Register a new application ». Klik link tersebut untuk membuat aplikasi baru di twitter.

Pada halaman Register an Application terdapat form isian dengan tampilan sebagai berikut:

Mari kita bahas masing-masing kolom isian yang ada.

  1. Application icon
    Kita bisa mengupload file gambar yang akan dijadikan logo aplikasi. Ada batasan ukuran file sebesar 700kB, dan tipe file yang diterima hanyaJPG, GIF, dan PNG. Jika belum memiliki logo, biarkan saja menggunakan logo default dari twitter, nanti setelah punya logo, aplikasi bisa diedit untuk mengubah logonya.
  2. Application Name
    Isikan nama aplikasi disini. Untuk sebuah twitter client, nama aplikasi ini akan tampil pada status jika digunakan untuk mengupdate status twitter. Contoh nyata pada aplikasi “Bukan Blackberry” yang ada di posting saya sebelum ini. Untuk memasukkan karakter khusus seperti â„¢, paling mudah gunakan aplikasi Character Map. Oh ya, aplikasi tidak boleh mengandung kata “twitter”. Pada aplikasi NgüberTwÑ–tter, saya menggunakan huruf i dari karakter bahasa Russia. Pada aplikasi yang belum mendukung UTF-8, karakter ini mungkin akan tampil seperti kotak saja. Setidaknya, saya bisa mengakali twitter 🙂
  3. Description
    Tuliskan deskripsi aplikasi dalam bahasa Inggris. Sebaiknya isi kolom ini dengan deskripsi aplikasi yang dibuat. Jika menggunakan dabr, maka tuliskan saja teks seperti: “This is dabr, a twitter application to access and update twitter status using mobile device”. Sebaiknya jujur, untuk menghindari masalah di kemudian hari.
  4. Application Website
    Isikan alamat website dimana pengguna aplikasi bisa mendownload aplikasi, atau mengaksesnya, jika aplikasi ini adalah berbasis web, seperti “Bukan BlackBerry”.
  5. Organization
    Jika aplikasi dibuat oleh perorangan, tinggal isikan nama pembuat aplikasi disini. Jika aplikasi dibuat oleh perusahaan/organisasi, ya isikan saja nama organisasi/perusahaan pembuatnya.
  6. Website
    Isikan alamat website pembuat, perorangan atau organisasi. Saya mengisi alamat blog ini untuk aplikasi “Bukan Blackberry” dan NgüberTwÑ–tter.
  7. Application Type
    Pilih pilihan yang sesuai dengan jenis aplikasi yang akan mengakses account twitter. Aplikasi bertipe client contohnya adalah TweetDeck. dabr merupakan aplikasi bertipe Browser, karena harus diakses menggunakan browser.
  8. Callback URL
    Isian ini muncul jika pada pilihan sebelumnya dipilih tipe browser. Isikan dengan alamat callback milik dabr yang telah dipasang. Contoh, di aplikasi Bukan Blackberry, callbacknya adalah http://twitter.abifathir.com/oauth
  9. Default Access Type
    Jika dipilih Read-only, maka aplikasi hanya bisa mengambil status saja, tidak bisa melakukan update. Agar bisa melakukan update status, pilihlah tipe Read & Write.
  10. Use Twitter for login
    Pilihan ini berguna jika aplikasi akan menggunakan informasi login twitter untuk keperluan internal aplikasi. Contohnya adalah GroupTwitter. Aplikasi dabr tidak memerlukan pilihan ini, jadi tidak ada pengaruhnya, dipilih ataupun tidak.
    Update: Saya  tidak tahu dengan pasti apakah dabr membutuhkan setting ini atau tidak. Untuk aplikasi Bukan BlackBerry dan NguberTwitter, pilihan ini saya centang. Bagi yang masih mendapatkan error, coba centang pilihan ini di aplikasi twitter yang dibuat.
  11. ReCAPTCHA
    Ini adalah pengaman form. Isikan teks sesuai gambar yang ditampilkan.

Jika semua telah diisi dengan benar, maka aplikasi twitter akan tercipta. Ada 2 hal yang perlu diperhatikan di halaman keterangan aplikasi twitter, yaitu Consumer Key dan Consumer Secret. Isikan keduanya ke dalam file config.php yang ada di tempat dabr diinstall. Jika mengembangkan aplikasi sendiri, bukan menggunakan dabr, maka perhatikan juga URL-URL milik twitter yang diperlukan saat mengirim request oAuth.

Semoga panduan singkat ini dapat membantu. Selamat membuat aplikasi twitter 😉

PS: Aplikasi twitter pada artikel ini hanyalah sebuah gerbang akses yang dibuka oleh twitter untuk para pengembang aplikasi. Anda tetap membutuhkan aplikasi client baik yang berupa aplikasi desktop (seperti TweetDeck atau UberTwitter di BB), maupun berbasis web seperti dabr, yang akan memanfaatkan aplikasi twitter untuk mengakses timeline dan melakukan update status.

Untuk menginstall dabr, Anda harus memiliki hosting pribadi terlebih dahulu. Tanpa memahami ini, dipastikan akan bingung setelah bikin aplikasi twitter lalu mesti diapain lagi. Silahkan baca ulang artikel ini dan artikel sebelumnya.

Update 9 Apr 2010
Perhatikan langkah ke 10:
Use Twitter for login. Mungkin berhubungan dengan error yang dialami oleh wistu dan rekan lain.

Categories: web Tags: , ,
  1. donnykurnia
    June 3rd, 2010 at 10:15 | #1

    Ini kutipan dari artikel saya sebelumnya ya:
    “Ketika mengakses twitter menggunakan dabr, jangan lupa untuk melakukan login melalui oAuth, bukan menggunakan username dan password. Jika menggunakan username dan password, maka twitter client yang ditampilkan adalah ‘from dabr’. Twitter sendiri sudah tidak mensupport login menggunakan cara ini, dan merekomendasikan login melalui oAuth.

    Read more: http://blog.abifathir.com/?p=47

  2. June 4th, 2010 at 02:37 | #2

    Nah itu dia masalhnya “jangan lupa untuk melakukan login melalui oAuth, bukan menggunakan username dan password.

    aku masih bingung dengan kata2 itu…
    bisa dejelaskan biar lebih rinci 😀

  3. donnykurnia
    June 4th, 2010 at 03:15 | #3

    Silahkan Hariez gunakan “Bukan Blackberry” supaya tahu beda antara login langsung dengan login menggunakan oAuth. dabr yg saya gunakan di “Bukan Blackberry” sudah ditutup form login-nya, jadi semua penggunanya dipaksa untuk login via oAuth

  4. yusrina
    June 5th, 2010 at 00:17 | #4

    bagus, thanks ya

  5. BSix
    June 15th, 2010 at 19:19 | #5

    Mas bisa tolong dijelaskan lagi struktur direktorinya yg berhubungan dg callback URL, kalo bisa pake gambar ya :D, soalnya punyaku kenapa setelah diupload ke server (aku pake freewebhostingarea.com) kok kalo diklik sign in with Oauth kok hasilnya error 404 (page not found kalo gak salah).

  6. BSix
    June 15th, 2010 at 19:53 | #6

    Sorry mas, skrg dah bisa, mslhnya pada file htaccess sj.
    Thanks artikel dan response nya yg sangat membantu :D.

  7. donnykurnia
    June 16th, 2010 at 00:11 | #7

    OK, senang bisa membantu 🙂

  8. SHUDAI
    June 20th, 2010 at 10:51 | #8

    om donny saya mau tanya, API sekarang lagi bermasalah yaaa. kok saya daftar enggak bisa-bisa yaaa nih http://shudai2010.co.cc/tweettshudai/ coba bantu yaaa om 🙂 apa yang mesti saya lakukan

  9. June 27th, 2010 at 04:23 | #9

    saya bermasalah dengan .htaccess, kalau .htaccessnya dihapus halaman login muncul tapi halaman lainnya jadi tidak bisa diakses karena ga' ada .htaccess …

    gmna edit file agar tidak perlu pake .htaccess?

    semua settingan di app twitter sudah spt disini tapi halaman utama blm bisa masuk karena bermasalah dengan .htaccess
    twitter : http://xplor3r.eu.pn/cuap/
    php : 5.3.1

    .htaccess:
    # URL rewriting
    RewriteEngine on
    RewriteBase /cuap/
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
    RewriteRule ^(.*)$ index.php?q=$1 [L,QSA]

    # 1 week cache
    <FilesMatch “.(png|ico)$”>
    Header set Cache-Control “max-age=604800, public”
    </FilesMatch>

  10. donnykurnia
    June 27th, 2010 at 10:39 | #10

    .htaccess dibutuhkan oleh dabr untuk menjalankan mod_rewrite agar url menjadi clean. Mungkin perlu dicek aulang fitur hosting, apakah telah terinstall mod_rewrite dan membolehkan custom .htaccess

  11. Rhie-en-ciel
    July 6th, 2010 at 13:30 | #11

    masalah di no 6 itu maksudnya website gimana ?

  12. Rhie_en_ciel
    July 6th, 2010 at 13:32 | #12

    dan di no 3

  13. donnykurnia
    July 8th, 2010 at 02:59 | #13

    Pernah nemu aplikasi bagus, pasti pengen tahu dimana bisa download aplikasi itu atau mengetahui informasi lebih lanjut dari aplikasi tersebut bukan?

    Untuk aplikasi yang Anda buat ini, isikan url ke website tempat pengguna aplikasi Anda bisa mendownloadnya atau mengetahui informasi lebih lanjut tentang aplikasi itu.

    Contoh: Untuk aplikasi bukan twitter yang saya buat, saya memasukkan url blog ini sebagai di field nomer 6.

    Cukup jelas bukan?

  14. donnykurnia
    July 8th, 2010 at 03:00 | #14

    Saya rasa cukup jelas arti dari 'description', dalam bahasa Indonesia adalah deskripsi. Tuliskan saja deskripsi aplikasi yang akan Anda buat, apa saja kegunaannya, target penggunaan, dll yang Anda rasa perlu

  15. July 8th, 2010 at 03:23 | #15

    mas, dimana yah tempatnya biar webnya itu terlihat di domain? sama script apa yang bisa kita ubah untuk mengubah dabr jadi kaya punya mas misalnya bukan blackberry?

  16. donnykurnia
    July 8th, 2010 at 03:34 | #16

    Saya kurang mengerti dengan pertanyaan ini: “mas, dimana yah tempatnya biar webnya itu terlihat di domain?”, mohon ditanyakan lagi, atau beri contohnya.

    Untuk pertanyaan kedua, silahkan dicoba menggunakan bukan blackberry, baik di handphone atau di browser biasa. Perhatikan saat login. Bukan Blackberry tidak akan bisa login menggunakan cara biasa, otomatis login harus menggunakan oAuth. Kalau Adhi masih login menggunakan username dan password, maka saat update status, nama aplikasi yang tercantum akan selalu 'dabr'.

    Login-lah menggunakan oAuth, maka nama aplikasi yang tampil akan sesuai dengan nama aplikasi twitter yang telah dibuat di twitter.

  17. July 8th, 2010 at 06:24 | #17

    Jadi yang kita gak ubah apa apa, trus callback URLnya kita arahin ke oAuth nya dabr kita?
    Untuk pertanyaan pertama maksud saya itu, saya sudah mengupload ke domain, lalu saat saya lihat, isinya hanyalah sejumlah html yang tidak berubah. itu kenapa ya?

  18. donnykurnia
    July 8th, 2010 at 07:46 | #18

    Ya, ikuti saja langkah di artikel.

    Hostingnya support php ga? dabr kan aplikasi php, butuh hosting yang bisa menjalankan script php.

  19. Rhie_en_ciel
    July 12th, 2010 at 03:49 | #19

    wah gue belum paham , kamu bisa buat via japan lovers ngga ?

  20. Aam
    July 15th, 2010 at 10:25 | #20

    mas itu yang di upload isi file “dabr” nya atau sekalian sama folder “oauth” nya ?
    (berkas yang baru di download itu loh)

    nah kalo misalkan saya upload sekalian sama folder “oauth”nya kesini surganda.co.tv/twit/oauth/…

    itu form call back url gmn?
    dan .htaccess nya kayak gmna?

    bales ya mas. kilat.

  21. donnykurnia
    July 15th, 2010 at 14:43 | #21

    Silahkan baca http://blog.abifathir.com/?p=47 lalu http://code.google.com/p/dabr/wiki/SetupGuide

    Isi callback url sesuai dengan domain Anda. Contoh: pada aplikasi bukan blackberry, callback url-nya adalah http://twitter.abifathir.com/oauth

    Saya tidak mengedit .htaccess yang disertakan oleh dabr. File .htaccess perlu diedit jika dabr diletakkan tidak di root domain, tapi di subdirectory.

    • September 25th, 2010 at 21:58 | #22

      om saya mau nanya pas udah ke daftar applikasinya udah ada consumer key+consumer secret.. udah dimasukin ke config.php trus pertanyaan saya gunanya request token URL, accses token URL samaauthorize URL buat apa ya?

      • Anonymous
        September 26th, 2010 at 02:26 | #23

        Request token URL, Access token URL dan Authorize URL adalah url milik twitter sebagai tujuan request aplikasi. Twitter menampilkan url ini supaya pembuat aplikasi client tahu ke alamat mana request mesti dilakukan.

        Kalau menginstall dabr, ya ga usah karena sudah tertanam di dalam kode dabr, jadi tidak perlu disetting manual.

  22. JhezeR
    July 18th, 2010 at 03:59 | #24

    mas nanya nih..kenapa pas saya update status di http://tweet.xenritech.com/ gak berhasil ya mas??? eroor 500 lagi, solusinya ??

  23. July 21st, 2010 at 11:23 | #25

    mas, kalo gk punya hosting pribadi tetep bisa bikin gk?

  24. July 21st, 2010 at 11:41 | #26

    mas, sekali lagi ya saat callback url saya menbggunakan yg punya mas (gapapa kan?) hehehe terus udah berhasil nih banyak kode kode git saat di halaman ini http://twitter.com/oauth_clients/details/219475 gimana tuh?

  25. donnykurnia
    July 21st, 2010 at 13:23 | #27

    Kalo pake callback url saya ga akan jalan dong aplikasi twitter-mu. Secara singkat, proses autentikasi oauth itu spt ini:
    1. User twitter buka halaman dabr, lalu klik link oauth
    2. user tsb diredirect ke server twitter untuk login dan memberi akses ke aplikasi
    3. Setelah login dan memberi akses, user akan diredirect kembali ke halaman aplikasi. Inilah fungsi dari callback url, supaya twitter tahu ke halaman mana si user perlu diredirect.

    Tentang halaman oauth_client yang isinya aneh, mungkin twitter sedang mengalami masalah. Saya ga bisa mengakses halaman diatas, karena hanya yang bikin yang bisa akses, ya kamu sendiri aja.

    Silahkan cari dan baca2 lagi cara kerja aplikasi twitter dan aplikasi client twitter spt dabr ini.

  26. guest
    August 3rd, 2010 at 09:18 | #28

    kalo pake blogspot bisa ga?

  27. donnykurnia
    August 3rd, 2010 at 10:45 | #29

    kalau kamu nemu cara mengupload file php ke blogspot, ya silahkan saja dicoba 🙂

  28. August 4th, 2010 at 05:08 | #30

    om aku error nii

    apa yang salah y

    http://cuink.tk/Annisanggi

  29. August 15th, 2010 at 06:51 | #31

    mas . mau nanya . ini aplikasi nya di buka pake akun twitter sendiri bisa nggak ? apa pake akun lain ? soalnya kok malah lari kesitu terus sih .

  30. donnykurnia
    August 15th, 2010 at 14:53 | #32

    Lari kesitu terus gimana maksudnya? Kamu bisa gunakan http://twitter.abifathir.com/ untuk akses timeline dan update status twittermu, bisa di browser dan di handphone. Password kamu ga akan saya ketahui karena form login yang digunakan ada di server twitter.com.

  31. August 17th, 2010 at 04:40 | #33

    mas, mau nanya, kok yang saya gak langsung ke twitter oauth ya kayak yang punya mas? Terus kalo saya klik about, settings, dll, kok jadi 500 internal server error yah..? Coba deh dicek, di http://twittersmpn2bdg.co.cc/

    Mohon pencerahannya mas…

  32. donnykurnia
    August 17th, 2010 at 05:49 | #34

    Udah kan saya bahas di post lain.

  33. August 17th, 2010 at 06:43 | #35

    Di post yang mana mas? tolong kasih linknya mas.. hehe

  34. donnykurnia
    August 17th, 2010 at 07:13 | #36

    Kamu juga udah komentar di sana kan, menutup login form dabr. Klo yang 500 internal server error, penyebabnya biasanya ada 2:
    1. Kesalahan konfigurasi .htaccess
    2. Proses php yg sedang berjalan dimatikan paksa oleh web server, bisa karena melebihi jatah processor / RAM yang dilimit oleh hosting.

  35. August 17th, 2010 at 08:00 | #37

    Nah kalo itu jawaban yang kesatu saya ga ngapa-ngapain mas sama .htaccess-nya, yang kedua, saya cuman upload file sebesar 36kb doang kok.. Cara mengatasinya gimana ya mas?

  36. donnykurnia
    August 17th, 2010 at 10:16 | #38

    Bukan masalah ukuran filenya. Script PHP saat dijalankan akan butuh tenaga processor dan RAM. Hosting yang bersifat shared umumnya sangat ketat mengawasi penggunaan processor dan RAM tiap process yg sedang berjalan dan bisa mematikan secara paksa process tersebut. Solusi ya coba hubungi support hostingmu, atau cari hosting lain.

  37. August 17th, 2010 at 10:34 | #39

    Hosting gratis tapi bisa men-support ini semua apa ya mas? hehe, maap banyak nanya..

  38. Rafli Raplay
    August 19th, 2010 at 14:13 | #40

    Mas masih 500 internal server error juga.. Solusinya bagaimana mas?

  39. chandra
    August 20th, 2010 at 08:55 | #41

    misi om sepuh semua, nyubi mau tanya nih..
    semua langkah udah ane ikutin om, tapi koq ga bisa yah??

    punya saya ini om http://www.vkbc.or.id/twitter/

    oauth y ga bisa dan dites login langsung juga ga bisa..
    salah dimana yah??

    klo ada YM mungkin saya bisa konsultasi lebih cepet gitu Om..
    trimakasih sebelumnya..

  40. chandra
    August 20th, 2010 at 09:02 | #42

    klo saya klo udah di login ato klik oauth y tulisannya :

    Twitter timed out

    Dabr gave up on waiting for Twitter to respond. They're probably overloaded right now, try again in a minute.

    tapi pas buka ngubertwitter sama bukan blackberry lancar2 aja..
    saya salah dimana yah??

  41. Arief Lubis
    August 20th, 2010 at 09:25 | #43

    mas punya saya kalo udah login with twiiter oauth, kok malah muncul ke google..

    ini link nya:
    http://arieftwit.co.cc/arief/
    mohon pencerahannya mas…

    tks..

  42. donnykurnia
    August 20th, 2010 at 10:34 | #44

    Sepertinya sih masalah hosting, coba dicek apakah hosting membolehkan script php membuka koneksi ke server lain atau tidak.

  43. donnykurnia
    August 20th, 2010 at 10:45 | #45

    Bisa jadi satu antara 2 hal ini:
    1. Setting .htaccess belum diedit untuk mengakomodasi script berada di sub directory, sehingga hosting menampilkan halaman 404 berupa halaman google
    2. Hosting tidak membolehkan script php melakukan koneksi ke server lain.

  44. chandra
    August 20th, 2010 at 11:15 | #46

    yah Om, yang laennya dibales, punya saya ngga..

  45. donnykurnia
    August 20th, 2010 at 11:30 | #47

    Kemungkinan besar hosting yg digunakan tidak membolehkan script php membuka koneksi ke server lain.

  46. donnykurnia
    August 20th, 2010 at 11:31 | #48

    sorry, tadi koneksi lagi rada error, sudah tulis reply tapi ga masuk sepertinya.

  47. chandra
    August 20th, 2010 at 11:35 | #49

    om, cek emailnya deh.. maaf banget nih ganggu, ane cuma penasaran aja kali2 ada salah.. ane SS cara ane tadi..

  48. chandra
    August 20th, 2010 at 12:31 | #50

    ane tadi email ke [email protected] ..
    cek dah gan..

  49. Rafli Raplay
    August 20th, 2010 at 12:50 | #51

    Jad harus hosting berbayar ya? kalo yang gratisan kayak 000webhost bisa ga mas?

  50. donnykurnia
    August 20th, 2010 at 13:20 | #52

    Bukan masalah berbayar atau tidak, tapi dibolehkan atau tidak. Hosting berbayar pun kemungkinan ada yang melakukan pembatasan. Tapi memang hosting gratis banyak batasannya sih, gratis kok minta lebih 🙂

Comment pages
Comments are closed.